11 April 2016

#HUT5BBI | 5 Blog Buku Indonesia yang Wajib Dibaca


Tanggal 13 April nanti, BBI (Blogger Buku Indonesia) akan berulang tahun yang kelima. Nah, sudah hampir 2 tahun saya menjadi anggota BBI, dan selama itu pula saya belajar banyak dari para blogger buku Indonesia. Awalnya, saya hanyalah seorang silent reader ketika blog walking, karena jujur, saya sering bingung mau komentar apa. Namun belakangan ini, saya menyadari bahwa saling berkomentar di blog adalah salah satu cara berkenalan dengan para blogger buku yang lain, juga untuk mempererat persahabatan dunia maya.

Nah, hari ini saya galau, mau bikin tulisan 5 BBIers Terfavorit atau tidak, karena kalau mau bikin, saya bingung, blog mana saja yang jadi favorit saya. Selama ini saya sering menclok di blog sana-sini, tapi karena saya jarang mengikuti perkembangan suatu blog secara intens, saya jadi  merasa belum cukup pantas untuk memberikan penilaian blog mana yang termasuk 5 top BBIers. Namun, beberapa menit sebelum tengah malam, mendadak saya mendapat ilham. Berikut ini adalah 5 blog buku Indonesia terfavorit saya (urutan tidak menunjukkan peringkat):

1. Reviewku oleh Truly Rudiono


Sebenarnya belum cukup lama saya berkenalan dengan blog Kak Truly, yaitu ketika saya mengikuti January Giveaway Blast bulan Januari lalu, yang salah satu host-nya adalah Kak Truly. Semenjak itu, saya cukup sering mampir ke blog Kak Truly. Bacaan Kak Truly bervariasi (dari segi genre) dan ulasannya selalu mampu menampilkan sisi tertentu dari sebuah buku yang sebelumnya tidak saya sadari. (Jangan tertipu oleh tampilan sederhana blog-nya, ya.)

2. Bacaan Bzee oleh Bzee


Saya mengenal blog Kak Bzee pertama kali dari Children's Literature Reading Project-nya, kemudian tentang bacaan klasik. Waktu itu, saya masih cupu, belum membaca karya-karya sastra klasik dunia, sehingga ulasan-ulasan Kak Bzee tentang sastra klasik sangat membantu menambah pengetahuan saya. Meski Kak Bzee tidak terlalu sering mengunggah post baru di blog-nya, arsip blog-nya selalu menarik untuk dikulik. Selain review, saya menyukai tulisan-tulisannya yang non-review, seperti penjelasan tentang terjemahan sastra klasik (duh, maaf, saya lupa link-nya).

3. Ren's Little Corner oleh Ren Puspita


Saya sering menemukan ulasan buku yang belum pernah saya baca (bahkan belum pernah saya dengar) sebelumnya di blog Kak Ren ini (seperti juga ketika saya main ke blog Kak Bzee). Review Kak Ren detail dan komprehensif, lengkap dengan kesan-kesan pribadinya ketika membaca buku tersebut. Meski Kak Ren tidak terlalu sering nge-post di blog, tulisan-tulisannya selalu saya nantikan. Tulisan Kak Ren yang non-review menambah pengetahuan saya. 

4. Kubikel Romance oleh Sulis

Nah, nah, siapa yang tidak kenal blog Kubikel Romance? Mbak Sulis ini terkenal rajin ngurusin blog-nya yang ditata dengan manis dan homey, selain tentu saja, rajin jadi host blog tour dan giveaway. Namun, meski nyaris tidak pernah berhenti jadi host blog tour, Mbak Sulis tetap rajin nge-post tulisan non-review yang menambah pengetahuan, seperti rangkaian tulisan How To

5. The Bookie-Looker oleh Stefanie Sugia
Hal pertama yang saya suka dari blog Kak Stef ini adalah desain template blog-nya yang manis dan memanjakan mata. Pun banner dan foto-foto yang ia desain dan jepret menginspirasi saya untuk memfoto buku dengan bagus dan bikin desain yang lucu seperti racikannya. Kak Stef sering bikin review film juga, yang sering kali belum saya tonton, sehingga bisa saya jadikan rujukan untuk memilih tontonan yang bagus. Review Kak Stef cukup ringkas, sarat dengan kesan yang ia alami selama membaca buku/menonton film. Jadi rasanya sangat personal.

Nah, demikianlah 5 blog buku favorit saya. Bagaimana denganmu? :D

Reaksi:

8 comments:

  1. Makasih banyak Frida, semoga bisa terus bermanfaat ya, semangat juga buat kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Mbak Sulis, terus menginspirasi, ya! :D

      Delete
  2. Stefani dan Ren memang jagonya update buku-buku baru hahaha, senang sekali ada blogger2 kayak di atas ini sehingga kita bisa milih-milih dulu sebelum menimbun buku. Nice choice, Frida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Dion, bener banget... Tujuan utama ngikutin blogger2 tsb memang utk pertimbangan kalau mau baca/beli buku :D

      Delete
  3. Makasih, Frida... Tips kalo berkunjung ke blogku emang masuk category aja kalo nyari sesuatu. Senang bisa jadi referensi, iya nih sekarang makin susah mau nge-blog. Sekali lagi makasih ya, sukses buatmu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya... Semoga Kak Bzee makin rajin ngeblog :p Berkat blog Kakak, saya jd semangat baca sastra klasik dunia *padahal sampe sekarang baru berapa yang dibaca*

      Delete

  4. PROMO BONUS REFERRAL 50% HANYA DI BETDANWIN POKER ONLINE INDONESIA TERPECAYA
    KURANG BERUNTUNG DI POKER YANG ANDA MAIKAN SEKARANG??
    SUDAH SAAT NYA ANDA BERMAIN DI POKER WWW.BETDANWIN.COM DAPATKAN JACKPOT SAMPAI RATUSAN JUTA RUPIAH.
    Minimal Deposit 10.000 Withdraw 20.000.
    WWW.BETDANWIN.COM
    JADILAH MEMBER AKTIF REFERRAL 50% SEUMUR HIDUP
    KUNJUNGI DAN LIKE FANDPAGE KAMI https://www.facebook.com/BetdanWin-1071580636209445/?ref=ts&fref=ts

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Your comment is so valuable for this blog ^^

bloggerwidgets