Judul: Nyawa
Penulis: Vinca Callista
Editor: Starin Sani & Dila Maretihaqsari
Penerbit: Bentang Belia
Cetakan: I,
Mei 2015
Tebal: iv +
296 halaman
ISBN:
978-602-1383-46-9
Harga: Rp 54.000,00
|
Ratingku: ★★★☆☆
“Aku suka kematian. Aku ingin kematian.
Aku ingin ketemu…”
(hlm. 208)
Kaatje.
Pemeran utama—si Wanita Angka—teater Kubang
mati di atas panggung kala sedang berpentas. Menit terakhir sebelum nyawanya
direnggut lantai gedung yang mematahkan lehernya, ia tertawa-tawa di luar
naskah, lalu seperti melayang sesaat dan terjungkal dari atas panggung. Ia mati
di panggung yang membesarkan namanya. Kaatje mati, dari sepatu haknya bermunculan
peniti-peniti; kakinya bertitik-titik merah: darah.
Di tribun
penonton, seorang gadis tertawa-tawa menyaksikan itu, lalu menusuk-nusuk
tangannya dengan peniti.
---
Penghuni kos
Pondok Kumis hari itu pindah ke kos Rumah Mangga, kos yang masih dikelola oleh
pemilik yang sama, lantaran kos yang lama hendak diratakan dengan tanah. Di kos
itu ada delapan kamar, semuanya terisi. Ada Lian, gadis yang bergaya pakaian kuno—seperti yang sering dijadikan bahan
gosip oleh Cangi dan Gandes, tidak mau makan di depan teman-temannya, dan suka
melontarkan pertanyaan tak lazim secara tiba-tiba. Gadis itu kadang terbangun
dengan bekas cekikan di lehernya. Di dalam kamarnya ada kardus-kardus yang ia
sebut berisi persediaan.
“Ini buat persediaan aja. Aku butuh biar bisa deket terus sama orang yang aku sayang.” (Lian, hlm. 32)
Ada Rory,
gadis populer yang cerdas, supel, tegas, kritis, tidak suka bergosip. Awalnya
cuma Rory yang mau dekat-dekat dengan Lian. Ia punya hobi lari, mengobrol
dengan orang-orang gila di pinggir jalan. Sejak magang di Padepokan Seni Pijar,
jiwanya terikat oleh tempat itu. Di sana ia menekuni gambang bambu, juga
teater. Dalam teater Kubang untuk
memperingati 100 hari kepergian Kaatje, Rory mendapatkan peran utama. Peran
yang sama dengan Kaatje. Mendekati pementasan, ia makin sering dihantui mimpi
buruk tentang Kaatje. Jika teater itu diharapkan sememukau saat masih
diperankan oleh Kaatje, apakah itu berarti Rory harus mati seperti Kaatje telah
mati?
Cangi dan
Gandes, dua orang teman dekat yang anehnya, tidak menampakkan interaksi
persahabatan yang sehat. Cangi, si biang gosip yang suka asal jiplak itu
sebenarnya naksir Aria. Sementara itu, Gandes, yang ingin jadi selebriti dan
terobsesi pengin kurus, naksir Sandre. Sayang, Aria dan Sandre sama-sama naksir
berat Rory. Aria, orang yang tertutup itu mungkin cuma membuka dirinya pada
Rory. Pemilik kafe O’Koffie itu suka ngemilin biji kopi. Sementara itu, Sandre
si blasteran ganteng, suka tebar pesona, playboy,
dan suka mengambil keuntungan dari para cewek yang mengejar-ngejarnya.
“Yang penting bikin diri sendiri puas, dan biarkan orang lain penasaran.” (prinsip yang dipelajari Sandre dari Rory, hlm. 97)
Terakhir,
ada Danu dan Mara, sepasang kekasih yang penuh drama. Mara cewek yang dominan,
manja, rewel, cemburuan, dan sombong. Danu, yang submisif, sering tak bisa
berbuat apa-apa selain menuruti Mara. Mereka semua kuliah di Universitas
Palagan, kecuali Aria, yang kuliah di sekolah bisnis.
---
Keanehan-keanehan
mulai merayapi Rumah Mangga, dimulai dari sepasang kakek-nenek misterius yang
dipergoki Lian (eh, sebenarnya Lianlah yang dipergoki mereka sedang memergoki mereka—nah,
lho!) masuk ke kosan dan menghilang ke halaman belakang. Siapa mereka? Lalu ada
suara-suara pikiran yang merisaukan, entah milik siapa, menyeruak sejak awal
dalam bentuk cetakan miring.
“Ingin kuludahi saja mereka. Lalu, kutendang satu-satu wajahnya hingga belah.”
(hlm. 11)
Ada
suara-suara lenguhan seperti orang kesakitan di malam hari, seperti pernah
didengar oleh Aria dan Rory. Sementara itu, Cangi pernah mendengar suara yang
terdengar seperti anak kecil sedang mengoceh di malam hari. Dan siapa sangka,
ternyata di halaman belakang Rumah Mangga ada kuburan?
***
“Rasa sakit selalu membuatku tertawa.”
(hlm. 115)
Ini kali
ketiga aku membaca novel psychothriller
Vinca. Yang pertama, Seruak, tetap menjadi yang terbaik,
menurutku. Mungkin karena itu pertama kalinya aku berkenalan dengan gaya thriller blio. Yang kedua, Kilah,
sangat biasa saja. Yang ketiga, adalah novel ini. Dari tiga buku itu, aku
mendapati beberapa formula khas Vinca dalam meracik psychothriller-nya.
Pertama, di tiga buku blio yang sudah saya
baca tersebut, ini kali ketiga blio meletakkan tokoh sekelompok anak muda yang
berada dalam satu lokasi, lalu terjadi hal-hal aneh di sekitar mereka.
Kedua, permainan sudut pandang penceritaan. Aku ingat betapa dulu terpukau
oleh permainan sudut pandang Boni–Nina dalam Seruak (FYI, di Nyawa ini nama “Natanina” nongol lagi,
lho! Saya jadi menduga-duga, mungkin nama itu adalah nama favorit Vinca.). Nah,
dalam novel ini, Vinca mengajak kita menyusuri alur maju di masa kini, yang
bermula dari kepindahan para penghuni Pondok Kumis ke Rumah Mangga, dengan
sudut pandang orang ketiga. Lalu, lewat sudut pandang orang pertama seseorang melesatkan
kita ke masa lalu, dimulai dari tragedi meninggalnya Kaatje, terus ke masa yang
lebih lalu. Permainan sudut pandang penceritaan ini memberi ruang bagi
eksplorasi tokoh dan penciptaan nuansa misterius akibat anonimitas narator. “Siapa
yang berbicara?” yang pada akhirnya berguna bagi Vinca untuk menyamarkan pelaku sesungguhnya.
Ketiga, berkaitan erat dengan poin kedua,
adanya tokoh(-tokoh) yang mencurigakan, juga adanya tokoh perempuan yang keren abis. Ya, yang terakhir itu
maksudku adalah tokoh Rory. Awalnya aku menyukai tokoh ini, bagaimana tidak?
Berbakat di bidang seni, kepribadiannya bagus, cantik… Namun aku menyukainya
pertama kali sejak ia mengkritisi asosiasi warna dengan gender.
“Kamar cewek itu nggak mesti pink. Warna pink itu nggak harus diidentikkan sama cewek. […] ‘Cewek harus pakai warna pink’ dan ‘cowok nggak boleh pakai warna pink’ itu cuma hasil konstruksi sosial. Saya nggak mau ngebatasin kemampuan kita cuma gara-gara kita nggak sadar buat keluar dari kurungan konstruksi sosial.” (Rory, hlm. 16)
Tapi makin ke
belakang, aku merasa bahwa Rory ini terlalu sempurna. Kenapa dia diciptakan
seperti itu, ya? Satu-satunya kesialannya pun tak mencederai kebijaksanaannya
sama sekali. Namun menurutku ada satu blunder
yang dia buat (Atau penulis yang buat? Entah dengan sengaja atau tidak.). Aku
menangkap kesan bahwa Rory tak mau jadi pacar siapa pun karena kadung cinta
pada seorang lelaki yang dia tahu tak akan pernah membalas cintanya. Rory jadi
terdengar seperti “membalas dendam akan keadaan itu” tapi di sisi lain tetap
berlagak seperti orang paling bijaksana dan orang-orang di sekitarnya pun
menganggapnya begitu. Karena tahu
bahwa lelaki itu tak akan membalas cintanya dan sialnya ia tetap mencintai
lelaki itu, maka ia memutuskan untuk mengambil keuntungan dari para lelaki lain
yang dengan senang hati menyenangkannya, meski tahu bahwa ia tak akan menjadi
pacar salah satu dari mereka. Aku kok nggak bisa bersimpati dengan prinsip Rory
yang satu ini. (Itu lho, yang tadi dikutip Sandre untuk membenarkan perilaku playboy-nya.)
Keempat, Vinca selalu berusaha menyelipkan
opininya mengenai isu-isu sosial lewat suara tokohnya. Kali ini adalah isu
tentang gender yang blio suarakan lewat Rory. Dan kritik-kritik sosial ini
tidak semembahana yang blio usung di novel Seruak.
Kelima, ada kelainan tertentu yang
diderita oleh tokoh tertentu. Di sini ada alien
hand syndrome, Munchausen syndrome by proxy, dan Fregoli Delusion. Yang terakhir itu diinterpretasikan menjadi
gambar sampul novel ini. Isu ini yang paling menarik bagiku, selain karena aku
memang tertarik dengan pembahasan seputar penyakit mental, juga karena Munchausen syndrome by proxy dan Fregoli Delusion baru pertama ini
kudengar. Kalau alien hand syndrome (AHS) sudah
pernah kuketahui. (Kayaknya ini juga diderita oleh Alfa di Supernova: Gelombang, ya nggak, sih? Oya, jadi inget film jadul Idle Hands yang dibintangi si ganteng Devon Sawa. Paling ganteng tetap pas main di film Casper. Eh, maaf, ngelantur.) Penderita sindrom ini
tak sadar ketika tangannya “bergerak sendiri”. Menurut sumber yang kubaca,
sindrom ini berkaitan dengan kerusakan saraf. Namun di dalam novel ini, Vinca
mengesankan bahwa kondisi jiwa yang tak sehatlah yang menyebabkan si tokoh mengalami
AHS. Nah, apakah mungkin AHS disebabkan oleh penyakit jiwa alih-alih kerusakan
saraf? Seperti yang kutemukan di artikel Neurology Times, menurut rekaman data
medis, AHS ini sepenuhnya adalah kelainan saraf, tanpa ada unsur penyakit jiwa.
Namun sering terjadi salah diagnosis di antara pasien yang diduga menderita
AHS, bahwa “tangan mereka bergerak sendiri” itu sebenarnya disebabkan oleh
kelainan jiwa. Nah, mungkin saja, si tokoh dalam novel ini tak benar-benar
menderita AHS, melainkan itu salah satu efek dari kelainan jiwanya. Hmm, entahlah.
Sementara
itu, Munchausensyndrome by proxy (MSBP) kebanyakan diderita oleh para ibu. Seorang ibu
yang menderita MSBP terobsesi agar anaknya terlihat sakit, padahal sebenarnya
tidak sakit sama sekali. Ini adalah penyakit mental yang mungkin disebabkan
oleh trauma masa kanak-kanak si penderita, yang kemungkinan juga menjadi korban
dari orang tua penderita MSBP.
Terakhir, Fregoli
delusion. Penderita penyakit mental ini mengira bahwa banyak orang di
sekitar mereka sebenarnya adalah satu orang yang sama yang sedang menyamar. Penamaan
kelainan ini diambil dari nama Leopoldo Fregoli, seorang aktor Italia yang
terkenal dengan kemampuannya yang luar biasa untuk menirukan orang-orang di
panggung (Langdon, Connaughton, Coltheart [2014]). Fregoli juga bisa dengan
cepat berubah-ubah penampilan saat di atas panggung (Frontier Psychiatrist).
Keenam, petunjuk teka-teki yang diumpankan
pada pembaca pada ruang dan waktu tertentu, salah satunya untuk mempertahankan
nuansa misterius dan membuat pembaca penasaran. Tapi tidak terlalu berhasil
padaku. Di pertengahan novel, aku sudah menebak (dengan benar) siapa keponakan
Kaatje. Memang sepertinya Vinca membuat ini bisa tertebak dengan mudah (?).
Alur novel
ini tidak semenegangkan alur Seruak, maka kupikir bukan pada
unsur thriller-nyalah keunggulan
novel ini, melainkan pada ide-ide brilian yang dikombinasikan oleh Vinca di
dalamnya. Banyaknya tokoh dengan keistimewaan masing-masing tentu berperan
dalam hal ini. Dalam novel ini kita bisa menonton teater, mendengar musik dari
gambang bambu, melihat Aria mengembangkan bisnis, melihat Sandre mengedit video
dokumenternya. Kita diingatkan juga tentang deret Fibonacci dan bagaimana
briliannya ide Isvara untuk mengangkatnya dalam naskah teater. Kita juga
menyaksikan berbagai kelainan mental.
Namun,
ide-ide brilian yang banyak ini jugalah yang jadi titik lemah Nyawa.
Aku merasa banyak yang ingin diceritakan oleh Vinca tapi jumlah halaman tak
mampu mewadahinya. Jadinya banyak yang nanggung. Banyak hal yang sangat
potensial untuk dieksplorasi lebih jauh (ini, sih, semata keegoisanku sebagai
seorang pembaca yang ingin mengetahui lebih banyak 😅). Misalnya, masa lalu Lian
dengan orang tuanya, terutama ibunya yang terobsesi bahwa anaknya sakit. Bagian
ini cuma diceritakan sedikit, padahal ini sangat krusial bagi perkembangan
karakter Lian dan bagi kita kalau ingin mengenal Lian dengan lebih dekat dan
lebih benar. Ah, yang paling kusayangkan adalah sangat minimnya eksplorasi
personal Kaatje, padahal tokoh ini sangat menarik. Yang kuketahui hanyalah
bahwa ia pemain teater fenomenal, menjadi pujaan banyak lelaki, dan terobsesi
menjadi seperti Leopoldo Fregoli. Apa yang menyebabkan ia jadi seperti itu?
Bagian akhirnya
juga jadi terasa, “Loh, gitu doang?” Kukira Kaatje dibunuh keponakannya,
ternyata…. Ini mungkin dimaksudkan jadi twist,
tapi kok tidak terasa seperti twist,
malah ia berlalu begitu saja tanpa sempat aku terpukau olehnya. Namun terlepas
dari itu semua, aku mengapresiasi kegigihan Vinca untuk memperkaya khazanah
novel psychothriller domestik yang
tidak receh (seperti kubilang tadi,
banyak ide brilian kita jumpai di novel ini; juga banyak pengetahuan baru yang
kudapat). Blio juga memberi panggung bagi kesenian lokal, meski hanya sekilas. Juga
bagaimana dengan tokoh sebanyak itu, blio bisa memberi ruang bagi masing-masing
untuk bergerak dan membangun kekhasan tiap karakter hingga terus teringat oleh
pembaca. Akhirnya, aku menantikan karya Vinca yang lebih menawan.
“Kalau kami sedih, kami tertawa.”
(hlm. 70)
0 komentar:
Post a Comment
Your comment is so valuable for this blog ^^