7 December 2014

PENGUMUMAN PEMENANG KUIS BUKU DIVAPRESS



Terima kasih atas partisipasi Teman-teman dalam kuis ini. Ternyata nggak gampang memilih 4 orang pemenang dari puluhan respon yang masuk. Tapi, karena saya harus memegang omongan saya, maka saya nggak bisa menangin semuanya (maunya sih, gitu. Pasti kalian juga huehehe). Akhirnya, saya berhasil memilih 4 respon yang menurut saya paling detail tapi nggak lebay, yang disertai argumen-argumen yang jelas dan bikin saya merasa ditampar. Terima kasih karena Teman-teman telah menampar saya :’); semakin menyadarkan saya akan kekuatan dan kelemahan dari resensi saya. Sekarang, saya sedang berada dalam tahap memperbaiki gaya tulisan sendiri, dan sedang berusaha berinovasi supaya tulisan saya selalu segar.
Baiklah, berikut ini adalah pemenangnya.
 
Selamat buat para pemenang! Para pemenang akan segera saya hubungi terkait pengiriman hadiah. Untuk Teman-teman yang belum menang, jangan sedih, ya. Semua respon yang saya terima memiliki arti spesial buat saya.
Oya, mungkin Teman-teman penasaran (kalau nggak, ya udah, abaikan >.<) resensi buku yang mana, sih, yang jadi favorit para peserta kuis? Respon-respon yang masuk telah saya analisis, dan saya sulap menjadi grafik berikut.
Morning, Gloria menjadi favorit, karena saya juga menyadari bahwa resensi itu adalah yang saya tulis paling detail poin-poin kelemahan dan kelebihannya. Saya juga menyadari bahwa di situ saya terlalu bawel. Maafkan saya T_T. Favorit kedua adalah Twiries, yang banyak disukai karena bukunya memang humoris, jadi saya ketularan pakai gaya bahasa humoris (meski garing) dalam menuliskan resensinya.
Secara keseluruhan, saya merangkum saran-saran yang banyak diajukan oleh Teman-teman buat saya.
Saran yang sering muncul
Tolong kasih rating buku.
Perhatikan tanda baca, ukuran, dan warna font.
Sinopsis jangan kepanjangan (terlalu banyak spoiler).
Perhatikan tampilan blog (permainan warna yang kurang tepat).
Sebutkan harga buku.
Tulisan jangan kepanjangan (risiko: membosankan). Lebih baik singkat, padat, jelas, namun tetap detail.
Jangan terlalu banyak menyebutkan kekurangan, bisa mengurangi minat beli buku.
Perhatikan caption foto.
Ulas juga mengenai karakter, gaya bahasa penulis, dan nilai moral.
Masukkan blurb buku ke dalam resensi.
Sebutkan nama editor.
Jangan terlalu sering memakai kata/frasa/kalimat yang di-strikethrough.
Kritik yang disampaikan terhadap buku jangan terlalu menusuk.
Tingkatkan publikasi.

Semua saran tersebut sangat membantu saya dalam memperbaiki resensi-resensi saya di masa depan. Sekali lagi, terima kasih buat waktu, tenaga, dan data internet yang sudah Teman-teman relakan demi membaca satu persatu resensi saya. Saya baru sadar kalau membaca 16 resensi itu bikin capek (ada salah satu yang mengatakan begitu, thanks! Hehehe).
Ini sudah pasti bukan kuis terakhir yang saya gelar di blog saya, kok (soalnya ini kuis pertama). Nantikan kuis-kuis berikutnya yang hadiahnya nggak kalah bikin ngilernya! Jadi, jangan lupa sempatkan waktu untuk bertamu di blog saya. Nggak usah malu-malu atau ngetuk pintu, langsung masuk aja! Salam muah!

2 comments:

  1. "Saya baru sadar kalau membaca 16 resensi itu bikin capek (ada salah satu yang mengatakan begitu)"
    Sepertinya aku tau itu siapa orangnya :)))

    ReplyDelete

Your comment is so valuable for this blog ^^

bloggerwidgets