14 June 2015

[Resensi ENEAGRAM] Dari Kesembilan Tipe Manusia, yang Manakah Anda?

Eneagram: Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik
Penulis : Renee Baron & Elizabeth Wagele
Penerjemah : Leinofar Bahfein
Penerbit : Serambi
Cetakan : I, Oktober 2014
Tebal : 174+x halaman
ISBN : 978-602-290-016-0
Harga : Rp 39.000,00

Kategorisasi kepribadian  manusia dengan sistem Eneagram adalah pengetahuan baru bagi saya, yg sebelumnya cuma tahu 4 tipe kepribadian dari buku Personality Plus karangan Flaurence Littauer, dan kepribadian berdasarkan golongan darah dari buku-semi-komiknya Park Dong Sun. Ketimbang dua sistem kategorisasi tersebut, Eneagram lebih spesifik (yah, gampangnya, karena ada 9 tipe, jadi lebih spesifik daripada 4 tipe). Disebutkan bahwa "cikal bakal Eneagram telah ada sejak ratusan tahun lalu" (hal. 1). Sistem Eneagram digambarkan sebagai berikut. Gambar ini memiliki komponen penting untuk "membaca" kepribadian, yaitu panah dan sayap.
"Tiap titik pada Eneagram berhubungan dengan dua titik lainnya. Dua titik ini atau tipe ini disebut panah Anda." (hal. 4)
Panah ini merujuk pada karakter negatif dan positif mana yang secara sadar atau pun tidak Anda ambil dari dua tipe lain.

"Tipe-tipe yang bersebelahan dengan tipe Anda ini dinamakan sayap Anda." (hal. 5)
Sayap ini menunjukkan percampuran atau pengaruh dari dua tipe yang mengapit tipe Anda.



Kesembilan tipe kepribadian dalam Eneagram adalah sebagai berikut.
  1. Perfeksionis
  2. Penolong
  3. Pengejar Prestasi
  4. Romantis
  5. Pengamat
  6. Pencemas
  7. Petualang
  8. Pejuang
  9. Pendamai.
Buku ini memang tergolong tipis untuk menjelaskan kesembilan tipe kepribadian tersebut, karena hanya sebatas memberi pengenalan tentang Eneagram. Ilustrasi yang ada di dalamnya cukup mewakili penjelasan dan membuat buku ini lebih menarik untuk dibaca. Terlebih, penulis juga menyertakan sedikit penjelasan tentang tipe kepribadian MBTI dan Jungian, dan mencocokkannya dengan sistem Eneagram.

Di beberapa bagian saya berharap mendapat ilustrasi berupa contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari, karena yang tertulis kadang terlalu abstrak untuk bisa saya mengerti. Kalau di Personality Plus, kan, penulis banyak menunjukkan dengan contoh sehari-hari sebagai hasil pengamatannya terhadap manusia, jadi lebih mudah dipahami.

Namun pendataan kepribadian yang selalu ada di awal tiap bab tipe kepribadian sangat membantu untuk mengategorikan kepribadian diri sendiri. Saya menemukan bahwa saya adalah manusia tipe 3, si Pengejar Prestasi, yang memiliki sayap cenderung ke tipe 4 (si Romantis), karena kreatif, memiliki kepekaan estetis, melankolis, dan suka menulis. Namun, jika mengikuti panah, saya mengambil sisi positif tipe 9 (si Pendamai), sehingga saya jadi lebih santai, lebih mudah menerima keadaan, dan memandang hidup dari beberapa sudut pandang. Saya mengambil sisi positif ini secara sadar lantaran terpengaruh oleh salah satu sahabat saya yang berkepribadian santai. Saya juga mulai berusaha mengambil sisi positif tipe 6 (si Pencemas) dengan meluangkan waktu untuk keluarga dan teman (kau tahu, ini sangat susah dilakukan, karena pikiran khas tipe 3 saya selalu memperingatkan bahwa waktu jauh lebih berharga ketimbang emas, sehingga 'lebih baik mengerjakan tulisan saya untuk lomba cerpen misalnya, ketimbang nongkrong untuk bersosialisasi ke kamar kos sebelah' hohoho). Tapi, kadang saya tanpa sadar mengambil sisi negatif tipe 6, yaitu susah mengambil keputusan, biasanya adalah masalah 'mau makan di mana'. Suatu saat, saya dan sahabat saya kelaparan dan bingung mau makan di mana. Sampai kami berdua ketiduran selama beberapa saat dan terbangun, keputusan belum diambil, haha.

Selain itu, berdasarkan jawaban saya atas pertanyaan tes, saya memiliki cukup banyak sifat tipe 7 (si Petualang). Di sini saya mulai sedikit bingung, mungkinkah tipe 3 bercampur dengan tipe 7, karena panah maupun sayap tipe 3 tidak terhubung dengan tipe 7. Kalau berdasarkan sistem MBTI, saya cenderung berada di antara INTJ (umum untuk tipe 3) dan ENTP (umum untuk tipe 7).

Buku ini cukup bermanfaat bagi pembaca yang ingin lebih mengenal diri sendiri dan orang lain dalam pergaulan maupun kehidupan secara umum. Jadi, tipe manakah dirimu? ^^ 



0 komentar:

Post a Comment

Your comment is so valuable for this blog ^^

bloggerwidgets